Rincian Acara Pernikahan Adat Bugis : Buginese Moslem Bridal

4:03:00 AM Unknown 0 Comments

Rincian Acara Pernikahan Adat Bugis : Buginese Moslem Bridal - Bismillah..
alhamdulillah banget bisa nge post lagi di blogku tercinta ini. di sini aku mungkin lebih banyak ngepost masalah pengantin muslim khususnya pengantin busis-makassar, semoga bisa jadi inspirasi untuk teman2 semua ^^

mungkin aku mulai dari gallery weddingku dan teman2ku dulu, kebetulan juga aku skarang lagi ngejalanin bisnis kecil2an dari hobbyku ngerias pengantin muslim di daerah tempat tinggalku. so tak jarang aku sering juga bantu2 temanku yang mo merid.

 Rincian Acara Pernikahan Adat Bugis

sedikit penjelasan tentang acara wedding di daerah asalku, kalau di sini tuh gak ayak di kota yang biasanya cuma 1X resepsi untuk nerima tamu dengan batas waktu tertentu apalagi kalo diadainnya di gedung. berikut rincian acara pernikahan di tanah kelahiranku : 

1. MAPPECE'-PECE'
Biasanya orang bugis sebelum melamar seorang gadis keluarganya mappece'-pece dulu ke rumah si gadis, yaitu ada perwakilan dari keluarga di Pria yang mendatangi keluarga si gadis guna menanyakan tentang si gadis serta menyampaikan maksud dan tujuannya untuk melamar atau mempersunting anak gadisnya. nah nanti kalo dah di terima, bolehlah lanjut kejenjang berikutnya.

2. MAPPETTU'ADA
Ini adalah jenjang berikutnya setelah nanya2 tentang si gadis, dan kalau di terima lanjutlah kepelamaran yang lebih resmi. disini juga adalah waktu untuk "mappettu'ada" yaitu waktu untuk memutuskan kapan, dimana, serta bagaimana pernikahan nanti berlangsung. serta membicarakan mahar, panai', erang2 dsb yang berhubungan dengan pernikahannya.

3. MAPPACCI
ini adalah malam pacar, yaitu malam dimana keluarga mengadakan acara untuk melepas anaknya yang o menikah besok, tp kalo aku dl gak ada acara mappaccinya..aku ganti dengan pengajian.

4. AKAD NIKAH
nih dia gaun2 pengantin bugis kami waktu merid : BAJU BODO (ups bukan baju untuk orang bodoh lo ya ^,~ but bacanya "BODO" tanpa penekanan :))

 Rincian Acara Pernikahan Adat Bugis
 (my wedding, resepsi malam)
 Rincian Acara Pernikahan Adat Bugis
 (Nieta's Wedding, resespsi malam)
 Rincian Acara Pernikahan Adat Bugis
 (Ewy's wedding, marola ke rumah suaminya)
 Rincian Acara Pernikahan Adat Bugis
 (Ewy's wedding, resepsi malam)


Ini beberapa contoh baju bodo (baju adat orang bugis) tapi yang dah di modifikasi untuk orang muslim yang ingin berjilbab, tetap cantik kan? :) jadi tak ada halangan lagi bagi orang bugis-makassar untuk pakai baju adat walau berjilbab :) semoga bermanfaat ^^

love,
Tien

* oh iya jika kamu mencari jasa rias pengantin syar'i untuk momen-momen pernikahan kamu atau keluarga terdekat kamu, silahkan hubungi Kami Tien's Gallery ya.. Boleh via Phone : 085255990939 
BB  : 5214C541 or email : tienkhadijahanggraeni86@gmail.com, 

Syukran ^.^

0 comments: